twitter
rss

Minat merupakan hal yang penting dalam proses pembelajaran bagi orang dewasa. Cara seperti apa yang dapat dilakukan dalam mengembangkan minat belajar pada peserta didik?

Minat memang seharusnya ditumbuhkan pada diri peserta didik masing-masing. Dikatakan bahwa semakin besar minatnya, semakin semangat dan semakin baik hasilnya. Minat berasal dari hati nurani untuk ikut serta dalam kegiatan belajar. Inilah mengapa minat sangat diperlukan.
Minat ini sendiri ada yang merupakan minat permanen dan minat sementara. Perlu untuk mengembangkan minat permanen agar nilai-nilai dan pelajaran yang diberikan dapat bermanfaat bagi seluruh peserta didik.
Cara yang bisa dilakukan untuk mengembangkan minat ada bermacam-macam. Yang pertama pendidik atau fasilitator harus menunjukkan antusias agar kegiatan dapat terlaksana. Hal ini dapat membuat peserta merasa dihargai dan dapat menumbuhkan minat belajar.
Yang kedua adalah peserta didik harus diberi kesempatan untuk mengetahui dengan pikirannya sendiri tujuan dari pembelajaran agar nantinya dapat membantu dalam kehidupan sehari-hari dan membantu masyarakat secara keseluruhan. Sementara yang ketiga yaitu peserta didik haruslah memiliki pengetahuan pokok dan dapat menghubungkan pengetahuan itu denga topik yang akan diberikan. Dengan adanya pengetahuan awal, peserta didik akan lebih tertarik dan minat yang ada akan lebih besar.
Yang keempat jika rasa tertarik itu sudah ada, harus terus dipertahankan dalam setiap pertemuan. Kita juga harus melihat apakah mereka sudah mendapatkan pengetahuan yang mereka butuhkan. Selain itu, kita juga dapat menghubungkan materi dengan hal-hal menarik diluar kursus. Kemudian ditambah dengan pemberian audiovisual yang sesuai, kita dapat membuat peserta didik tetap berpikir sehingga minat itu tidak hilang.
Cara yang kelima adalah fasilitator dapat membantu peserta untuk mengukur kemampuannya sendiri. Hal ini ditujukan agar peserta dapat menggali nilai-nilai yang ada pada dirinya. Peserta didik juga bisa diarahkan untuk bisa lebih terlibat dalam kelompok daripada dirinya sendiri. Selanjutnya suasana dalam pengajaran haruslah suasana yang akrab, senang, sopan, dan demokratis sehingga peserta akan merasa nyaman dan minat akan semakin besar.        Daftar Pustaka     Suprijanto. 2005. Pendidikan Orang Dewasa: Dari Teori Hingga Aplikasi. Jakarta: PT Bumi Aksara

2 comments:

  1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
  1. Farah...
    pembahasannya baik...tetapi lebih baik lagi jika dilengkapi dengan daftar pustaka :)

    Kemudian tentang pembahasannya, apakah minat bagi POD tidak ada yang bisa dijelaskan secara spesifik? atau minat pada POD sama saja dengan yang bukan POD?

    take care

Posting Komentar