twitter
rss

UAS

semoga bisa mengerjakan uas dengan baik...
amiiin....

5 comments:

  1. (UAS) 1. Farah,apa yang ingin kamu jelaskan dari isi blogmu ini. Dan coba beri argumen berdasarkan teori psikologi pendidikan yang kamu anggap relevan ya...

  1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
  1. Secara keseluruhan isi blog saya hampir sama dengan yang lainnya, berisi tentang tugas-tugas mata kuliah Psikologi Pendidikan, baik yang individu maupun kelompok. Namun ada juga yang berupa karya saya seperti cerpen-cerpen serta tulisan tentang pengalaman saya.

    Kemudian saya juga belajar mengeksplor blog ini, mulai dari pembuatan hingga membuatnya menarik untuk dikunjungi. Berdasarkan teori belajar, yaitu teori konstruktivisme dimana kita secara aktif mencari dan membangun pemahaman akan sesuatu. Begitu juga dengan yang saya alami. Sebelumnya, tampilan blog saya tidak menarik, tidak bisa dibaca dengan jelas tulisannya dan sangat biasa-biasa saja. Namun setelah berusaha mencari tahu dan memperbaiki tampilan blog saya, sekarang tampilan blog saya menjadi menarik.

    Dalam mengerjakan tugas-tugas yang diberikan, saya juga melakukannya dengat teori konstruktivisme.
    Pengetahuan yang saya miliki saya padukan dengan belajar dari pengalaman orang lain sehingga saya bisa memberikan yang terbaik. Tetapi tidak hanya itu, teori motivasi juga mempengaruhi saya. Motivasi itu sendiri ada dua, yaitu motivasi ekstrinsik dan instrinsik. Kedua motivasi inilah yang saya alami dalam membuat tugas-tugas saya. Secara ekstrinsik, saya termotivasi untuk membuat yang lebih baik setelah melihat hasil pekerjaan dari teman-teman saya yang lain. Selain itu, bobot niali yang ditawarkan juga membuat saya ingin memberikan hasil terbaik. Kemudian secara intrinsik, menulis adalah salah satu hal yang saya senangi sehingga dalam membuat tugas, selain untuk memenuhi kewajiban juga sebagi penyaluran dari hobi saya.

    Mengenai hasil-hasil tulisan saya yang tidak berkaitan dengan tugas, saya membuatnya agar saya bisa berbagi dengan teman-teman saya dan saya ingin menunjukkan salah satu hobi saya yaitu menulis meskipun akhir-akhir ini saya jarang meng¬-update blog saya karena banyaknya tugas-tugas saya yang menguras waktu dan energi. Walaupun begitu, saya ingin melanjutkannya karena salah seorang teman saya menanyakan seputar hal itu. Saya tidak menyangka jika karya saya mendapat respon yang positif.

    Saya harap setelah perkuliahan ini berakhir banyak teman-teman dan saya sendiri bisa terus melanjutkan menampilkan hasil terbaik melalui blog ini karena dengan adanya blog ini merupakan hasil yang positif dan membuka peluang mahasiswa dalam mengekspresikan diri.

  1. Sebelumnya saya minta maaf karena menjawab soal UAS pada batas hari terakhir.

    Jika dikaitkan dengan teori psikologi pendidikan, maka kita bisa merujuk pada satu teori yaitu perencanaan instruksional. Perencanaan instruksional adalah pengembangan atau penyusunan strategi sistematik dan tertata untuk merencanakan pelajaran (Santrock, hal.463). Bentuk perencanaan instruksional ini dalam dunia perkuliahan seperti kontrak kuliah.

    Dalam kontrak kuliah sudah diberikan perencanaan dan estimasi waktu dalam melaksanakannya. Namun, tentu saja ada hal-hal yang dapat menghambat terlaksananya perencanaan tersebut.

    Seperti yang saya kayakan diatas, terlambatnya deliveri nilai bisa saja karena hambatan-hambatan dalam pelaksanaannya. Hambatan itu bisa berupa masalah yang bersifat teknis yaitu koneksi internet yang terkadang tidak bisa diduga sampai masalah lain seperti banyaknya mahasiswa yang mengikuti mata kuliah ini.

    Tentu saja hambatan bukan saja terdapat pada dosen pengampu. Mahasiswa sendiri juga memberikan efek pada hal ini. Misalnya waktu pengerjaan yang tidak seragam membuat dosen harus menunggu untuk memberi nilai.

    Tetapi, hambatan ini dapat ditanggulangi dengan adanya fleksibilitas dalam masalah waktu. Misalnya memberikan tenggang waktu bagi mahasiswa yang belum memberikan jawabannya.

    Terima kasih.

  1. Farah, seharusnya kamu masih bisa mengeksplorasi jawaban untuk hasil yang maksimal.

    Next time better.
    Skor UASmu 80 ya.

Posting Komentar